Skip to main content

PERAN BUDAYA PADA DUNIA SEKOLAH

 


Anak atau remaja yang tinggal disuatu daerah tertentu akan mempunyai karakteristik yang berbeda dengan remaja di daerah lain. Untuk mengetahui karakteristik anak atau remaja di suatu daerah tertentu, terlebih dahulu harus mengetahui karakteristik budaya masyarakat setempat, tylor mengarikan budaya sebagai “......that complex whole which includs knowledge, belief, art, morals, laws, customs, and any other capabilities and habits acquired by man as a member of society” (dalam Brameld, 1957). Budaya merupakan suatu kesatuan yang unik bukan jumla dari bagian-bagian. Suatu kemampuan kreasi manusia yang immaterial, berbentuk bagian. Suatu kemampuan psikologis seperti ilmu pengetahuan, kepercayaan, seni dan sebagainya. Budaya dapat berbentuk fisik seperti seni, dapat jga berbentuk kelompok-kelompok masyarakat, atau hal lainna, sebagai realitas objektif yang diperoleh dari lingkungan dan tidak terjadi dalam kehidupan manusia terasing, melainkan dalam kehidupan suatu masyarakat.
Koentjaningrat (1984) mengelompokkan aspek-aspek budaya berdasarkan dimensi wujudnya yaitu sebagai berikut :
1.      Kompleks gagasan atau ide seperti pikiran, pengetahuan, nilai keyakinan, norma, dan sikap.
2.      Kompleks aktivitas seperti pola komunikasi, tari-tarian, upacara adat.
3.      Material atau benda seperti hasil seni, peralatan, dan lain sebagainya.

Sebagai komplek gagasan budaya bersifat abstrak, spesifik, sbjektif, dan tidak teramati. Sedangkan sebaga kompleks aktivitas dan material, budaya bersifat konkret, objektif, dan eksplisit serta dapat diidentifikasikan serta diamati scara langsung. menurutRobert K. Merton (dalam Fernandez, 1990) di anatara segenap unsur-unsur sosial dan budaya terdapat dua unsur yang terpenting yaitu kerangka aspirasi-aspirasi dan unsur-unsur yang mengatur kegiatan-kegiatan untuk mencapai aspirasi-aspirasi tersebut. Dengan kata lain, ada nilai sosial budaya yang merupakan rangkaian dari konsepsi-konsepsi abstrak yang hidup di dalam alam pikiran bagian terbesar dari masyarakat mengana apa yang baik dan apa yang buruk dan norma-norma yang mengatur kegiatan-kegiatan manusia untuk mencapai cita-cita tersebut. Nilai-nilai sosial budaya tadi berfungsi sebagai pedoman dan pendorong perilaku individu di dalam hidupnya. Individu sebagai anggota masyarakat, di dalam dirinya terdapat berbagai aspek kehidupan yang memberi bentuk dan warna tersendiri sebagai anggota masyarakat dan bagi seluruh masyarakatnya
sumber: https://www.parapendidik.web.id/2014/03/peran-budaya-pada-dunia-sekolah.html